Thursday, January 1, 2015

Analisa Perbandingan Software Pemodelan 3D

Pada postingan kali ini saya akan membahas beberapa software yang digunakan dalam pemodelan 3D. Ada 3 software yang menarik perhatian saya dalam pemodelan 3D ini. Ada Blender, AutoCAD, dan Sketchup. Ketiga software ini yang sering saya dengar dan digunakan oleh orang yang ingin membuat model objek 3D untuk kepentingan masing-masing, seperti mahasiswa yang menggunakan aplikasi-aplikasi ini untuk menyelesaikan tugas mereka. Dari ketiga software ini yang paling menarik dan menurut saya sangat user friendly terlebih saya pun bisa mempelajarinya lebih  dalam karena ada pelatihan langsung dari kampus saya. Dari yang saya lihat beberapa referensi pemodelan 3D seperti AutoCAD dan Sketchup, Blender lah yang mencapai ketertarikan saya untuk menggunakan software pemodelan 3D karena mudah dimengerti terlebih pemilihan seperti warna dari User Interface nya itu sendiri (UI) yang memiliki warna abu-abu agar mata tidak terlalu lelah dalam menggunakan software Blender tersebut, hingga banyak pilihan dan option yang dapat membantu kinerja user dalam membuat sebuah objek bahkan hingga animasi sekalipun. Oleh karena itu Blender, sangat sesuai untuk para user pemula yang ingin berkecimpung dalam dunia pemodelan. Selain mudah untuk digunakan, memiliki banyak shortcut yang dapat membantu kita untuk membuat objek lebih cepat dengan meminimalisir kerja sehingga user dapat membuat sebuah objek dengan mudah dan cepat. Dari ketiga software ini, hanya AutoCAD yang merupakan Commercial Software atau software yang diperjual belikan. Lain halnya dengan Blender dan Sketchup yang merupakan freeware, dan lebih bagusnya lagi Blender merupakan open source software yang mana Blender dapat diubah sesuai kebutuhan usernya sendiri.

Sumber:
http://cerita-cerita-agnespedrosa.blogspot.com/2012/12/apa-itu-sketchup.html
http://id.wikipedia.org/wiki/AutoCAD
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_3D_modeling_software

No comments:

Post a Comment